Jumat, 07 Februari 2014

Jelang UN, Pemprov Sumut Sediakan Bimbel Bagi 691 Siswa Pengungsi Sinabung

Kabanjahe - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan berlangsung dalam waktu yang tak lama lagi. Mengantisipasi ketidaklulusan karena aktivitas belajar yang minim, sebanyak 691 siswa pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabung akan diberikan bimbingan belajar (bimbel).

Pembukaan bimbel bagi pelajar kelas 3 SMP dan SMA tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho di halaman SMAN 2 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Jumat (7/2/2014). Hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif.

Gubernur Gatot menyatakan, bimbingan belajar ini bertujuan agar anak-anak pengungsi tidak putus sekolah. Ratusan pelajar tersebut akan mendapat bimbingan mentoring dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Bimbingan belajar akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu selama dua bulan ke depan. Diharapkan kegiatan bimbingan belajar ini akan meningkatkan kesiapan para pelajar pengungsi hingga dapat lulus UN dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. 

"Bencana ini jangan menghalangi anak belajar. Jangan ada anak-anak yang putus sekolah. Biarlah erupsi terjadi, namun semangat belajar tidak boleh surut. Justeru erupsi ini harus menjadi inspirasi," kata Gatot.

Para pelajar pengungsi yang berasal dari 42 titik pengungsian itu akan mengikuti bimbingan belajar yang ditempatkan di tujuh lokasi. Untuk jenjang SMP berjumlah 483 siswa disiapkan 4 lokasi yaitu SDN Tanjung, SMPN 1 Tigabinanga, Lapangan Open Stage Pesta Mejuah-juah Berastagi, dan Aula Yonif 125 Simbisa. Untuk jenjang SMA berjumlah 208 siswa disiapkan 3 lokasi yaitu Aula Yonif 125 Simbisa, SMAN 1 Tigabinanga dan SDN Jandi Meriah.

Selain mendapat fasilitas pembelajaran, para pelajar juga difasilitasi pengangkutan dari dan menuju lokas bimbingan belajar. Bimbingan belajar dimulai pada Sabtu (8/2/2014) yang akan berlangsung selama dua bulan sebagai persiapan siswa menghadapi UN pada April untuk SMA dan pada Mei untuk SMP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar